Air Terjun Jagir, Keindahan Alam yang Menyejukkan di Banyuwangi

Air Terjun Jagir – terletak di Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Glagah, Banyuwangi, merupakan salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi setelah Kawah Ijen. Air Terjun Jagir memiliki tiga air terjun sekaligus, yaitu Air Terjun Jagir, Air Terjun Buyut Ijah, dan Air Terjun Kembar. Air Terjun Jagir sendiri dinamakan demikian karena airnya keluar dari akar Pohon Jagir yang konon katanya dikeramatkan oleh warga setempat, karena hanya tumbuh di Dusun Kampung Anyar saja.

Trekking menuju Air Terjun Jagir tidaklah sulit seperti halnya menuju air terjun pada umumnya. Letaknya yang berada di pinggir jalan, serta lokasi yang strategis memudahkan para wisatawan mencapai Air Terjun Jagir. Lokasi parkir yang berada di pinggir jalan memudahkan kamu untuk memarkirkan kendaraan, tak jauh dari lokasi parkir kamu dapat langsung menuju loket tiket masuk. Di belakang tiket masuk, kamu akan memulai menuruni tangga yang cukup curam namun sudah tertata dengan baik. Di pinggiran tangga terdapat pegangan yang terbuat dari besi, selain itu dihiasi dengan pepohonan yang asri dan berwarna warni. Jika kamu membawa serta anak kecil, harap jaga baik-baik karena kondisi tangga yang cukup curam dan bisa licin jika basah.

Air Terjun Jagir memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Selain menikmati keindahan air terjun, kamu juga bisa menikmati suasana alam yang asri dan sejuk. Selain itu, kamu juga bisa melakukan aktivitas lain seperti berenang, memancing, atau sekadar berfoto ria.

Tiket masuk ke Air Terjun Jagir relatif murah, yaitu sebesar Rp. 5.000 per orang di semua hari. Fasilitas umum di wisata ini dilengkapi dengan toilet, mushola, kantin-kantin tradisional, dan spot pemandian.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *